Pengetahuan Adalah Segalanya

Sunday, September 10, 2017

Pengertian dan Contoh Algoritma

ALGORITMA - Bagi seorang programer yang sudah lama atau bahkan masih dapat dikategorikan sebagai pendatang baru pasti sudah mengetahui tentang algoritma, kali ini saya akan membahas apa itu algoritma dan penerapannya sederhananya dalam kehidupan sehari-hari, bagi kalian yang belum tahu maka wajib bagi anda untuk mengetahui tentang algoritma. Jika anda pernah mendengar istilah tentang algoritma biasanya kita akan berpikir tentang Program, jujur saja saya juga pernah mengalami hal tersebut, dulu ketika saya mengenal tentang dunia program banyak orang yang menyebut kata algoritma, setelah saya cari-cari dan menemukan definisi umum nya, ternyata algoritma sangatlah dekat dengan kehidupan kita, semua cara dan langkah-langkah yang kalian lakukan untuk memecahkan suatu masalah dapat dikategorikan kedalam algoritma, lalu apakah pengertian algoritma itu sendiri? Simak pembahasannya berikut ini ya.

Pengertian Algoritma

Para ahli sejarah matematika menemukan asal kata Algorism yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul "Kitab Al Jabar Wal-Muqabala" yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction). Dari judul buku itu kita juga memperoleh akar kata “Aljabar” (Algebra). Perubahan kata dari Algorism menjadi Algorithm muncul karena kata Algorism sering dikelirukan dengan Arithmetic, sehingga akhiran –sm berubah menjadi –thm. Karena perhitungan dengan angka Arab sudah menjadi hal yang biasa. Maka lambat laun kata Algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata.
Menurut  Rinaldi  Munir,  algoritma  adalah  urutan  langkah-langkah  logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Menurut KBBI Algoritma adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Jadi, Berdasarkan dua pengertian algoritma di atas, dapat disimpulkan bahwa algoritma merupakan suatu istilah yang luas, dan masih banyak lagi pengertian – pengertian tentang algoritma. Algoritma tidak hanya berkaitan dengan dunia komputer akan teapi algoritma juga berlaku dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Software Terbaik untuk membuat Program C++

Pada prinsipnya seluruh aspek kehidupan kita dipenuhi oleh berbagai permasalahan. Setiap orang tentunya berupaya menyelesaikan masalah. Untuk menyelesaikan masalah diperlukan berbagai upaya. Misalya, jika kita sedang lapar dan ingin memakan sesuatu seperti mie instan, langkah yang kita perlukan untuk menyelesaikannya bisa dengan banyak cara tentu saja dengan ide dan kreasi diri kita sendiri hingga kita mencapai hasil yang umum dan bisa menjadi khusus sebagai chiri khas dari apa yang kita lakukan.
Baiklah, untuk jelasnya kita coba mendefinisikan sebuah masalah dan langkah-langkah penyelesaiannya atau algoritmanya. Misalnya, kita memiliki masalah tentang bagaimana cara kita untuk mendaftar di suatu sekolah, SMP misalnya. Langkah apa yang harus dilakukan dan bagaimana urutannya. Salah satu solusinya dapat dijabarkan sebagai berikut.
1. Mulai
2. Memilih Sekolah Menengah Pertama yang kita inginkan
3. Mengisi formulir pendaftaran
4. Memberikan berkas-berkas pendaftaran seperti ijazah, SKHUN, dan berkas lain yang diperlukan
5. Tunggu hasil seleksi atau pengumuman
6. Jika anda diterima lanjut ke langkah 7 namun jika tidak, lanjut ke langkah 8
7. Daftar ulang/membayar SPP
8. Selesai

Algoritma memang dibutuhkan dalam dunia pemrograman karena fungsinya yang begitu besar, bayangkan saja jika kita tidak mengetahui adanya algoritma, tentu kita akan merasa kesulitan bukan?


Oleh karena itu, jika kita ingin memasuki dunia programing maka kita harus mempelajari tentang algoritma, paling tidak kita mengetahui dasar dan penerapan sederhananya sehingga saat melanjutkan ketahap yang lebih sulit kita akan terbantu oleh pemahaman dasar tentang algoritma.


Penjelasan di atas merupakan uraian dari definisi umum dan prinsip dari algoritma dalam kehidupan sehari-hari untuk penerapannya kedalam ilmu komputer maka anda perlu mengetahui dahulu dasar-dasarnya. Sekian informasi dari saya bila ada salah dan kurangnya mohon maaf, Sampai jumpa.



No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *